Gasak Augsburg, Bayern Juara Bundesliga

By Admin


nusakini.com - Bayern Munich resmi bertakhta sebagai kampiun Bundesliga Jerman untuk kali keenam berturut-turut, atau gelar liga ke-28 secara keseluruhan, berkat kemenangan 4-1 atas tuan rumah Augsburg di WWK Arena pada Sabtu (7/4).

Tertinggal lebih dahulu, Bayern mengamuk dan membalas empat kali lewat kontribusi Corentin Tolisso, James Rodriguez, Arjen Robben, plus Sandro Wagner.

Nilai sempurna dari laga ini menambah koleksi poin Bayern jadi 72 dengan sisa lima pekan, sudah tak mungkin terkejar oleh Schalke 04 (52) di posisi kedua, meski Die Konigsblauen baru memainkan partai Spieltag 29 versus Hamburg SV usai pertandingan ini. 

Mengintip leg kedua perempat-final Liga Champions kontra Sevilla, pelatih Jupp Heynckes membuat sejumlah perubahan dalam susunan sebelas mula Bayern.

Ada tujuh pergantian dari tim inti yang membungkam Sevilla 2-1 di Spanyol empat hari lalu, termasuk di antaranya menyimpan Robert Lewandowski dan Thomas Muller di bangku cadangan. Wagner tampil sebagai ujung tombak didampingi Robben serta Juan Bernat yang didorong mengisi lini depan.

Meski selalu kalah dalam tiga partai kandang terakhir, Augsburg mengawali pertandingan dengan baik dan menggeber pressing tinggi. Peluang dini didapat tuan rumah di menit kelima melalui tendangan Caiuby yang meleset tipis dari target.

Augsburg bahkan berhasil memecahkan kebuntuan saat permainan berjalan 18 menit. Jerome Boateng terlampau santai mengontrol bola sehingga bisa dicuri Sergio Cordova. Tembakan striker Venezuela ini diselamatkan Sven Ulreich, tetapi si kulit bulat memantul masuk ke dalam gawang setelah mengenai Niklas Sule.

Pasukan Die Roten seketika terbangun dan mereka mampu membalikkan keadaan berkat dua gol dalam selang enam menit. Tolisso lepas dari kawalan para pemain bertahan Augsburg dan dengan bebas menyundul masuk umpan silang Joshua Kimmich untuk menyamakan skor (32') sebelum Kimmich lagi-lagi mengawali proses gol kedua lewat bola kirimannya dari sisi kanan.

Crossing Kimmich diteruskan Bernat ke arah James dengan satu sentuhan apik, dan si nomor 11 langsung memaksimalkan peluang dari jarak dekat untuk memastikan Bayern berbalik unggul 2-1.

Die Rekordmeister terus menguasai alur serangan selepas interval. Kuatnya dominasi Bayern tergambar dari angka possession yang sempat tercatat menyentuh 78 persen.

Tak heran Bayern akhirnya menambah gol. Robben yang menyandang ban kapten ikut membukukan nama di papan skor setelah menyepak keras umpan dari James mengoyak jala Augsburg yang dikawal Marwin Hitz.

Mengantongi keunggulan nyaman tidak otomatis membuat Bayern mengendurkan tempo. Kontinuitas gempuran Die Roten menghasilkan satu gol lagi tiga menit jelang bubaran. Wagner melengkapi pesta juara dengan gol tandukan mantap menyempurnakan tendangan penjuru Sebastian Rudy. (g/om)